Pastikan kau ngelike Fanspage Kumpulan supaya tak ketinggalan update terbaru ide-ide bisnis menarik lainnya - Ceritanya Ibu Wiwid punya toko kosmetik yang udah usang bangkit di sebuah pasar di sentra kota. Pelanggannya pun sudah banyak. Tapi barang dagangannya terkadang sering kurang lengkap lantaran keterbatasan modal, sehingga kalau ada yang pesan barang, barangnya sering kosong, biasanya 2-3 hari gres ada barangnya. Pelangganpun memakluminya, dan tetap setia di toko kosmetik Ibu Wiwid.
Namun belakangan ini tiba-tiba satu persatu pelanggan kosmetik di toko Ibu Wiwid berkurang, dan ternyata mereka berpindah ke toko kosmetik sebelah yang gres saja berdiri. Terang saja pelanggan mulai berpindah, lantaran di toko sebelah selain tokonya besar, stok barangnya banyak, harganyapun murah. Ibu Wiwid pun panik !!, namun kepanikannya segera sirna lantaran beliau bisa menggaet lagi pelanggannya untuk tetap membeli kosmetik di tokonya itu. Bagaimana cara Ibu Wiwid menggaet lagi pelanggannya? silakan baca hingga selesai.
Strategi Menghadapi Persaingan Toko Kosmetik:
Namun belakangan ini tiba-tiba satu persatu pelanggan kosmetik di toko Ibu Wiwid berkurang, dan ternyata mereka berpindah ke toko kosmetik sebelah yang gres saja berdiri. Terang saja pelanggan mulai berpindah, lantaran di toko sebelah selain tokonya besar, stok barangnya banyak, harganyapun murah. Ibu Wiwid pun panik !!, namun kepanikannya segera sirna lantaran beliau bisa menggaet lagi pelanggannya untuk tetap membeli kosmetik di tokonya itu. Bagaimana cara Ibu Wiwid menggaet lagi pelanggannya? silakan baca hingga selesai.
Strategi Menghadapi Persaingan Toko Kosmetik:
1. Tetap Fokus
Meskipun penjualan kosmetik Anda sedang menurun, Anda harus tetap fokus pada produk kosmetik. Akan sangat lucu jikalau di dalam toko kosmetik Anda itu juga berjualan sembako. Maka harus tetap fokus pada kosmetik ya. Jika ingin menjual produk lain, pastikan bahwa produk tersebut tidak terlalu jauh dari dunia kecantikan.
Baca juga : Tips Mendapatkan Hati Pelanggan Agar Selalu Membeli di Tempat Kita
Meskipun penjualan kosmetik Anda sedang menurun, Anda harus tetap fokus pada produk kosmetik. Akan sangat lucu jikalau di dalam toko kosmetik Anda itu juga berjualan sembako. Maka harus tetap fokus pada kosmetik ya. Jika ingin menjual produk lain, pastikan bahwa produk tersebut tidak terlalu jauh dari dunia kecantikan.
Baca juga : Tips Mendapatkan Hati Pelanggan Agar Selalu Membeli di Tempat Kita
2. Menjual dengan Edukasi
Menjual jangan asal menjual, setiap pelanggan yang tiba ke toko Anda dan membeli produk kosmetik Anda, mereka harus menerima klarifikasi detail wacana cara pemakaian, serta kegunaan produk tersebut dengan baik. Sehingga pelanggan merasa diperhatikan dan imbasnya, mereka akan loyal terhadap Anda. Berlaku juga pada calon pelanggan, mereka yang belum beli dan gres tanya-tanya, hendaknya Anda menjawabnya dengan ramah, serta penuh edukasi.
Menjual jangan asal menjual, setiap pelanggan yang tiba ke toko Anda dan membeli produk kosmetik Anda, mereka harus menerima klarifikasi detail wacana cara pemakaian, serta kegunaan produk tersebut dengan baik. Sehingga pelanggan merasa diperhatikan dan imbasnya, mereka akan loyal terhadap Anda. Berlaku juga pada calon pelanggan, mereka yang belum beli dan gres tanya-tanya, hendaknya Anda menjawabnya dengan ramah, serta penuh edukasi.
3. Penjual yang Menarik
Penjual yang menarik bukan berarti Anda membawa tali untuk menarik pelanggan Anda
Karena toko Anda menjual produk kosmetik maka Anda dan semua karyawan harus selalu tampil menarik, dengan menggunakan make up misalnya. Dengan demikian Anda sudah memperlihatkan pola dan sekaligus menjadi ide bagi pelanggan Anda supaya bisa tampil lebih baik dengan produk kosmetik yang Anda jual.
Penjual yang menarik bukan berarti Anda membawa tali untuk menarik pelanggan Anda
4. Hadiah yang Menarik
Pelanggan toko kosmetik Anda tentunya para perempuan bukan, jadi Anda harus mengerti abjad mereka. Banyak sumber menyebutkan bahwa seringkali motif perempuan membeli bukan lantaran kebutuhannya, tapi lebih cenderung lantaran dorongan emosi. Makara Anda harus bisa memancing emosi mereka. Salah satu caranya yaitu dengan memberi mereka hadiah yang benar-benar menarik supaya mereka tertarik untuk tiba ke toko Anda dan berbelanja.
Pelanggan toko kosmetik Anda tentunya para perempuan bukan, jadi Anda harus mengerti abjad mereka. Banyak sumber menyebutkan bahwa seringkali motif perempuan membeli bukan lantaran kebutuhannya, tapi lebih cenderung lantaran dorongan emosi. Makara Anda harus bisa memancing emosi mereka. Salah satu caranya yaitu dengan memberi mereka hadiah yang benar-benar menarik supaya mereka tertarik untuk tiba ke toko Anda dan berbelanja.
5. Pelayanan yang Ramah dan Memuaskan
Salah satu kunci sukses bisnis di masa ini yaitu pendekatan yang lebih personal dan familier kepada para pelanggan Anda. Kalau Anda sudah melakukannya, bisa juga Anda meningkatkan pelayanan yang baik itu, atau kalau tidak Anda harus bisa mempertahankannya.
Salah satu kunci sukses bisnis di masa ini yaitu pendekatan yang lebih personal dan familier kepada para pelanggan Anda. Kalau Anda sudah melakukannya, bisa juga Anda meningkatkan pelayanan yang baik itu, atau kalau tidak Anda harus bisa mempertahankannya.
Dan balasannya sesudah Ibu Wiwid menerapkan taktik di atas secara konsisten dan penuh tanggung jawab, toko kosmetiknya pun tetap ramai pelanggan dan bahkan semakin berkembang. Demikianlah, semoga bisa menjadi inspiras. Salam sukses ;)