Untuk menerima kawasan di hati konsumen, perbisnisn harus didukung dengan diferensiasi yang kuat. Terutama jikalau produk atau jasa bersaing di pasar yang ketat. Diferensiasi akan menciptakan perbisnisn lebih dikenal oleh konsumen.
Apa itu Diferensiasi? Berikut akan diterangkan apa itu diferensiasi dengan bahasa yang simpel dipahami. Diferensi ialah penawaran produk perbisnisan yang memiliki sesuatu yang lebih baik, lebih cepat da lebih murah yang akan menciptakan nilai yang lebih tinggi bagi pelanggan dibandingkan produk pesaing. (Kotler, 2002).
- Menurut Hermawan kartajaya (2004: 148), Diferensiasi produk ialah merancang seperangkat perbedaan dalam hal konten, konteks, dan instruktur.
- Menurut Ted Levitt yang dikutip oleh jack trout dan diterjemahkan oleh Alvira (2001: 26), Mengatakan bahwa Diferensiasi produk ialah satu dari seni administrasi dan acara taktis yang paling penting dab harus sering dilakukan secara terus menerus oleh perbisnisan.
- Menurut Michael Porter (1998; 15) Dalam melakukan seni administrasi diferensiasi produk, perbisnisn harus memiliki atribut yang berbeda dengan atribut pesaing yang memang dipandang penting oleh banyak konsumen
- Menurut Dickson dan Ginter, diferensiasi produk, ialah pandangan (persepsi) pembeli mengenai produk yang di tawarkan perbisnisan dibandingkan dengan karakteristik produk fisik maupun nonfisik pesaing termasuk harga.
Berdasarkan dari beberapa difinisi di atas, sanggup diambil suatu secara keseluruhan mengenai definisi diferensiasi produk. Diferensiasi produk adalah suatu seni administrasi perbisnisan untuk membedakan produk perbisnisan dengan produk pesaing mengenai atribut produk termasuk harga yang pandang penting oleh banyak konsumen.
Untuk menciptakan diferensiasi yang berpengaruh perbisnisan harus berkonsentrasi pada tiga hal, yaitu sebagai berikut:
a. Konten (What to Offter)
Konten (what to offter), yaitu "apa" value yang perbisnisan tawarkan kepada pelanggan. Jadi perbisnisan membedakan diri dengan pesaing berdasarkan "apa" yang perbisnisan tawarkan kepada pelanggan.
b. Konteks (How to Offter)
Dalam hal ini,perbisnisan membedakan diri dari pesaing berdasarkan pada "bagaimana" cara perbisnisan menawarkan value atau nilai tersebuut kepada pelanggan.
c.Infrastruktur (Enabler)
Infrastruktur (enabler), yaitu faktor faktor yang mendukung terlaksananya diferensiasi konten maupun konteks di atats. Infrastruktur ini pertanda perbedaan terhadap pesaing berdasarkan kemampuan teknelogi, kemampuan sumber daya manusia, dan akomodasi yang dimiliki untuk mendukung terlaksananya diferensiasi konten dan kontaks di atas, Singkatnya. Infrastruktur ialah semua hal yang anda miliki yang bisa menciptakan perbedaan "apa" yang perbisnisan tawarkan dan "bagaimana" cara perbisnisan menawarkan kepada pelanggan.
Perbisnisan akan melakukan diferensiasi terhadap para pesaingnya jikalau perbisnisan tersebut telah berhasil menampilkan keunikan yang dinilai penting oleh pelanggan, selain dengan penawaran harga yang rendah, di mana telah banyak dilakukan oleh perbisnisan atau pesaing
Diferensiasi dapata dilakukan dengan penawaran harga tinggi, sehingga perbisnisan yang melakukan diferensiasi harus merancang serangkaian perbedaan berarti untuk membedakan tawaran yang diberikan perbisnisan drengan tawaran pesaing.