Untuk mendapat daerah di hati konsumen, perbisnisn harus didukung dengan diferensiasi yang kuat. Terutama jikalau produk atau jasa bersaing di pasar yang ketat. Diferensiasi akan membuat perbisnisn lebih dikenal oleh konsumen.
Apa itu Diferensiasi? Berikut akan diterangkan apa itu diferensiasi dengan bahasa yang gampang dipahami. Diferensi ialah penawaran produk perbisnisan yang mempunyai sesuatu yang lebih baik, lebih cepat da lebih murah yang akan membuat nilai yang lebih tinggi bagi pelanggan dibandingkan produk pesaing. (Kotler, 2002).
- Menurut Hermawan kartajaya (2004: 148), Diferensiasi produk ialah merancang seperangkat perbedaan dalam hal konten, konteks, dan instruktur.
- Menurut Ted Levitt yang dikutip oleh jack trout dan diterjemahkan oleh Alvira (2001: 26), Mengatakan bahwa Diferensiasi produk ialah satu dari taktik dan kegiatan taktis yang paling penting dab harus sering dilakukan secara terus menerus oleh perbisnisan.
- Menurut Michael Porter (1998; 15) Dalam melaksanakan taktik diferensiasi produk, perbisnisn harus mempunyai atribut yang berbeda dengan atribut pesaing yang memang dipandang penting oleh banyak konsumen
- Menurut Dickson dan Ginter, diferensiasi produk, ialah pandangan (persepsi) pembeli mengenai produk yang di tawarkan perbisnisan dibandingkan dengan karakteristik produk fisik maupun nonfisik pesaing termasuk harga.
Berdasarkan dari beberapa difinisi di atas, sanggup diambil suatu secara keseluruhan mengenai definisi diferensiasi produk. Diferensiasi produk adalah suatu taktik perbisnisan untuk membedakan produk perbisnisan dengan produk pesaing mengenai atribut produk termasuk harga yang pandang penting oleh banyak konsumen.
Untuk membuat diferensiasi yang besar lengan berkuasa perbisnisan harus berkonsentrasi pada tiga hal, yaitu sebagai berikut:
a. Konten (What to Offter)
Konten (what to offter), yaitu "apa" value yang perbisnisan tawarkan kepada pelanggan. Kaprikornus perbisnisan membedakan diri dengan pesaing menurut "apa" yang perbisnisan tawarkan kepada pelanggan.
b. Konteks (How to Offter)
Dalam hal ini,perbisnisan membedakan diri dari pesaing menurut pada "bagaimana" cara perbisnisan memperlihatkan value atau nilai tersebuut kepada pelanggan.
c.Infrastruktur (Enabler)
Infrastruktur (enabler), yaitu faktor faktor yang mendukung terlaksananya diferensiasi konten maupun konteks di atats. Infrastruktur ini membuktikan perbedaan terhadap pesaing menurut kemampuan teknelogi, kemampuan sumber daya manusia, dan kemudahan yang dimiliki untuk mendukung terlaksananya diferensiasi konten dan kontaks di atas, Singkatnya. Infrastruktur ialah semua hal yang anda miliki yang bisa membuat perbedaan "apa" yang perbisnisan tawarkan dan "bagaimana" cara perbisnisan memperlihatkan kepada pelanggan.
Perbisnisan akan melaksanakan diferensiasi terhadap para pesaingnya jikalau perbisnisan tersebut telah berhasil menampilkan keunikan yang dinilai penting oleh pelanggan, selain dengan penawaran harga yang rendah, di mana telah banyak dilakukan oleh perbisnisan atau pesaing
Diferensiasi dapata dilakukan dengan penawaran harga tinggi, sehingga perbisnisan yang melaksanakan diferensiasi harus merancang serangkaian perbedaan berarti untuk membedakan usulan yang diberikan perbisnisan drengan usulan pesaing.