Tahukah Anda mengenai fakta beras merah? Ternyata beras ini mempunyai banyak kebaikan untuk badan kita dari pada beras putih yang sehari-hari kita makan. Memang secara umum di masyarakat, beras merah kalah pamor dengan beras putih, namun bila Anda sangat peduli dengan kesehatan, beras merah akan mengganti posisi beras putih dalam kehidupan konsumsi Anda. “Emang apa sih keistimewaan beras merah ini?” Beras merah mempunyai kandungan vitamin B1, B6, dan B12 yang tinggi. Sebagaimana diketahui, vitamin B merupakan kunci dalam pembentukan energi bagi badan manusia. Selain itu beras merah mempunyai kandungan serat lebih tinggi dibandingkan beras putih. Manfaat dari serat tersebut di antaranya untuk mengganggu perembesan gula dalam karbohidrat, serta mengganggu perembesan lemak yang masuk bersama makanan sehingga akan lebih menyehatkan. Makara secara kasat mata beras merah memang terlihat kurang menarik, tetapi di balik itu semua ternyata keuntungannya sangatlah menarik buat kesehatan kita. Tak usah terlalu jauh saya membahas perihal kandungan gizi dalam beras merah, lantaran memang lebih cocok disampaikan oleh jago gizi daripada saya 
Melihat segudang manfaat dari beras merah, insting pengusaha Anda kini niscaya sudah menangkap adanya peluang bisnis dari beras merah ini, terbukti dari masih terusnya Anda membaca artikel saya ini, hehehe
Bisnis beras organik merah punya prospek yang sangat bagus. Hal ini disebabkan lantaran kesadaran masyarakat yang makin tinggi akan kesehatan dan pelestarian lingkungan hidup. Seperti kita ketahui bahwa pertanian beras organik bisa mengembalikan kesuburan tanah lantaran tidak tergantung pada pupuk non-organik (kimia).
Berikut ini saya tuliskan tips pemasaran untuk beras organik :
Berikut ini saya tuliskan tips pemasaran untuk beras organik :
1. Ketahui sasaran market. Bisnis akan berhasil apabila Anda paham dan mengerti sasaran market yang menjadi sasaran. Menurut saya yang menjadi sasaran market terbesar beras organik yaitu masyarakat kelas menengah atas. Ini disebabkan lantaran harganya yang jauh lebih mahal dibanding dengan beras biasa.
2. Ciptakan brand yang tepat. Beras organik yang Anda jual harus punya brand yang gampang diingat. Merk sebaiknya mempunyai keterkaitan dengan kesehatan. Makara Anda akan lebih gampang menjual lantaran yang Anda jual yaitu beras yang mempunyai nilai kesehatan. Ingat ! untuk kesehatan, biasanya orang tidak segan-segan untuk tetap membeli produknya meskipun harganya tergolong tidak murah. Di sini produk Anda akan dilihat dari sisi manfaat dan valuenya.
Baca juga : Strategi Pemasaran Produk Panduan Belajar Komputer
Baca juga : Strategi Pemasaran Produk Panduan Belajar Komputer
3. Gunakan gaya komunikasi yang benar. Gaya komunikasi yang Anda gunakan harus sesuai dengan pola pikir sasaran market. Komunikasi harus bersifat edukasi kesehatan dan mengangkat nilai-nilai pertanian organik serta lingkungan hidup. Komunikasi yang bersifat edukasi contohnya yaitu dengan menjelaskan perbedaan beras organik dibanding beras biasa (misalnya beras organik lebih sehat, lebih aman, dll). Anda juga sanggup memakai beberapa rujukan hasil penelitian beras organik untuk memperkuat produk. Komunikasi produk bisa Anda lakukan secara online (website, facebook, twitter, dll) maupun offline (brosur, majalah, koran, tabloid).
4. Hotline edukasi pemesanan. Sebaiknya Anda juga harus mempunyai hotline khusus yang sanggup menjawab semua pertanyaan seputar beras organik dan sekaligus sentra pemesanan produk dengan proteksi layanan delivery. Tulis nomor telepon dalam kemasan produk biar calon customer sanggup melakukan kontak dengan perusahaan Anda. Untuk sementara Anda bisa membuka 2 atau 3 jalur telepon. Ini sangat penting lantaran orang harus yakin akan manfaat suatu produk sebelum membeli produk yang harganya di atas produk biasa. Hotline ini juga salah satu cara untuk memperlihatkan pelayanan yang baik melalui edukasi yang jelas. Jika penelpon puas dengan layanan Anda, maka secara otomatis mereka akan mulai memesan produk.
5. Pameran dan talkshow. Produk beras organik yang Anda jual juga sanggup Anda perkenalkan melalui pameran. Pilih pekan raya yang sesuai dengan abjad produk, contohnya pekan raya makanan sehat atau pekan raya yang bekerjasama dengan kesehatan. Talkshow juga sanggup menjadi alternatif untuk meningkatkan brand awareness. Undang pembicara yang kompeten di bidang kesehatan atau peneliti di bidang beras organik. Edukasi yang diberikan oleh ahlinya sanggup mendorong orang untuk lebih yakin dengan produk Anda. Dalam talkshow tersebut Anda juga bisa membuka stand penjualan langsung. Agar talkshow sukses dan diikuti banyak peserta, Anda sanggup bekerja sama dengan media offline/online yang mempunyai komunitas yang jelas.
Bisnis beras organik ini tentunya tidak hanya dapar dijalankan di kota-kota besar saja, melainkan juga di kota-kota kecil yang mempunyai sosial ekonomi yang baik. Akan lebih baik bila Anda mempunyai outlet percontohan di beberapa kota besar untuk memperkuat brand beras organik yang Anda jual. Jika tidak mempunyai modal yang cukup, Anda bisa bekerja sama dengan pihak lain yang sudah mempunyai outlet penjualan.