Pastikan kau nge-like Fanspage Kumpulan semoga tak ketinggalan update terbaru ide-ide bisnis menarik lainnya - Sepatu desain kreatif tak hanya diminati oleh pasar lokal, namun juga berpeluang untuk diekspor. Agar sepatu kreatif diminati oleh pasar ekspor, setidaknya ada dua trik yang harus anda lakukan. Apa saja triknya? Silakan baca terus lanjutan artikel ini :)
Agar dapat diminati pasar ekspor, sepatu kreatif harus dibentuk eksklusif, sehingga jumlah tiap desain tidak terlalu banyak, maksimal 20-30 pasang sepatu tiap desain (limited). Selain itu pelaku perjuangan sebaiknya juga menerima pembuatan produk customized dengan desain sesuai seruan konsumen. Hal ini dilakukan semoga konsumen merasa sepatu yang dipesannya itu eksklusif, beda dari yang lain dan tidak pasaran.
Hal penting lain yang harus diperhatikan yakni kualitas jahitan sepatu. Untuk menciptakan kualitas jahitan sepatu yang rapi, harus mempunyai peralatan standar berupa 2 buah mesin jahit, contohnya merek Butterfly atau Yamato, yang terdiri dari mesin jahit khusus sepatu biasa dan mesin jahit cangklong.
Mesin jahit khusus sepatu biasa dipakai untuk menjahit bab atas sepatu, sedangkan mesin jahit cangklong untuk menjahit sepatu model booth. Dari segi kualitas, bekerjsama sama saja dengan kualitas jahit sepatu impor. Namun biasanya kualitas jahitan sepatu impor yang diproduksi secara massal untuk penjualan grosir kurang rapi dibandingkan produksi customized (desain sesuai pesanan konsumen) dan produksi limited (jumlah terbatas per desainnya).
Jadi kesimpulannya, untuk menyasar pasar ekspor, para pelaku perjuangan sepatu desain kreatif harus menciptakan sepatu yang limited edition (edisi terbatas 20-30 pasang). Selain itu juga menerima produk customized.