Usaha parfum kini ini sudah sangat menjamur diberbagai sudut. Yang sering terlihat yakni di depan mini market-mini market itu. Tapi apakah kita sudah dihentikan lagi ikut mengambil laba dari perjuangan parfum ini? Tentu saja sangat dibolehkan sekali. Tapi dengan catatan, kita harus menunjukkan warna yang lain dari pada toko parfum yang sudah ada terhadap calon toko parfum kita :) Sebelum melangkah jauh ke trik pemasaran yang ampuh untuk perjuangan parfum ini, ada baiknya anda mengetahui hal-hal penting apa aja yang harus anda lakukan sebelum membuka perjuangan parfum ini.
Hal-hal penting yang harus dilakukan sebelum membuka usaha parfum yakni :
1. Survei. Lakukan pengamatan di lapangan, catat berapa banyak kompetitor sejenis yang ada di kawasan yang akan anda dirikan perjuangan parfum tersebut. Cari warta lengkap mengenai profil toko kompetitor tersebut, evaluasi masyarakat sekitar ihwal toko itu, model pelayanan customer di toko tersebut, statistik pengunjung toko. Pokoknya semua data kompetitor harus sudah anda ketahui sebelum toko parfum anda buka. Selain itu anda juga harus tahu kelemahan toko kompetitor, sehingga anda bisa memanfaatkan kelemahan itu untuk menjadi kelebihan pada toko anda.
2. Setelah survei lengkap selesai, lakukanlah analisis bisnis. "Analisis bisnis menyerupai apa yang harus saya lakukan?" Yaitu mengenai pemasukan dan pengeluaran, sehingga anda akan mengetahui asumsi laba dari bisnis parfum yang akan anda rintis ini. Untuk menciptakan analisis bisnis yang baik, anda harus mempunyai data akurat mulai dari harga sewa toko, harga pokok barang yang akan dijual, honor karyawan dan segala biaya operasional lainnya. Setelah itu tentukan besarnya profit yang anda inginkan. Mengingat perjuangan parfum merupakan perjuangan yang sudah umum dan banyak pemainnya, dalam penentuan profit, anda jangan terlalu mengambil banyak, untung sedikit, asalkan barang banyak terjual.
Pemasaran
Dan berikut ini anda memasuki inti dari artikel ini, yaitu taktik pemasarannya. Untuk menciptakan taktik pemasaran yang tepat, anda harus tahu dulu sasaran pasar yang anda bidik. Setelah tahu, anda perlu menciptakan komunikasi terhadap sasaran tersebut. Gunakan komunikasi ATL dan BTL. ATL abreviasi dari Above The Line, pengaplikasian dari teori ini yakni dengan memasang iklan di media cetak lokal dan radio yang bisa dijangkau oleh sasaran anda. Sedangkan komunikasi BTL, Below The Line dilakukan dengan cara memasang umbul-umbul di lokasi yang sempurna atau membagikan brosur secara pribadi ke rumah-rumah calon customer.
Baca juga : Cara Kreatif Memasarkan Usaha Panduan Belajar Komputer
Agar terlihat lebih menarik, pada brosur yang anda sebarkan itu, anda menyertakan diskon voucher atau souvernir gratis. Agar terlihat lebih unik dan ekstrim, anda bisa menempatkan orang berpakaian unik dengan membawa atribut yang mempunyai hubungan dengan produk yang anda jual.
Dan berikut ini anda memasuki inti dari artikel ini, yaitu taktik pemasarannya. Untuk menciptakan taktik pemasaran yang tepat, anda harus tahu dulu sasaran pasar yang anda bidik. Setelah tahu, anda perlu menciptakan komunikasi terhadap sasaran tersebut. Gunakan komunikasi ATL dan BTL. ATL abreviasi dari Above The Line, pengaplikasian dari teori ini yakni dengan memasang iklan di media cetak lokal dan radio yang bisa dijangkau oleh sasaran anda. Sedangkan komunikasi BTL, Below The Line dilakukan dengan cara memasang umbul-umbul di lokasi yang sempurna atau membagikan brosur secara pribadi ke rumah-rumah calon customer.
Baca juga : Cara Kreatif Memasarkan Usaha Panduan Belajar Komputer
Agar terlihat lebih menarik, pada brosur yang anda sebarkan itu, anda menyertakan diskon voucher atau souvernir gratis. Agar terlihat lebih unik dan ekstrim, anda bisa menempatkan orang berpakaian unik dengan membawa atribut yang mempunyai hubungan dengan produk yang anda jual.
Selain menjalankan taktik pemasaran di atas, anda juga harus menunjukkan pelayanan yang baik kepada semua orang yang tiba ke toko anda. Pelayanan yang baik tidak cukup dengan hanya menunjukkan senyum, tetapi harus didukung dengan standar pelayanan yang jelas, mulai dari cara menunjukkan salam hingga cara menjelaskan produk anda ke customer. Dengan pelayanan yang baik, customer anda akan mendapat kesan nyata dan toko anda akan lebih gampang diingat.
Cukup segitu strateginya, laksanakan dengan baik secara konsisten dan biar sukses :) Kalau anda punya taktik lain ihwal pemasaran bisnis parfum, kotak komentar sudah menunggu anda ;)